Sabtu, 05 Maret 2016

Home » » Pengantar Multimedia dan Grafika Komputer

Pengantar Multimedia dan Grafika Komputer

Pengantar Multimedia dan Grafika Komputer ·



Kebutuhan Teknologi Multimedia
    • Kemajuan teknologi informasi merupakan suatu perkembangan yang memberikan akses terhadap perubahan kehidupan masyarakat
    • Akibat kemajuan media teknologi informasi, kehidupan masyarakat memasuki zone rekreatif (hiburan).
    • Teknologi yang mampu menjawab berbagai kebutuhan tersebut adalah teknologi Multimedia
Mengapa multimedia? 
Menurut Riset Computer Technology Research (CTR)  
    • Manusia mampu mengingat 20 % dari apa yang dia lihat
    • Manusia mampu mengingat 30% dari yang dia dengar
    • Manusia mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
    • Manusia mampu mengingat 70% dari yang dia lihat, didengar dan dilakukan
Definisi Multimedia 
    • menurut wikipedia.org:
 Multimedia is the use of several different media to convey information (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity)”.  
History multimedia 
    • Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM
    • CD-ROM pada waktu itu dijadikan standard dikarenakan dahulu multimedia sebatas hanya kemampuan komputer untuk menampilkan video melalui sebuah CD-ROM saja
Jenis multimedia
Pada perkembangannya Multimedia dibagi atas dua jenis yaitu
1.      Multimedia Linier  adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya: TV dan film.
2.      Multimedia Interaktif  adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah: multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game, dll.
Pengembangan bidang multimedia 
1. Bidang  Instructional Designer, meliputi: Software application, Role play template, Interactivity matter, Certification procedure, Learning Strategy
2.  Bidang Art Designer, meliputi: Graphic Icon, Color Harmony, Software Aplication, Background & Layout, Role play template, Sound Recording, Animated Object
3. Bidang Software Engineer, meliputi: Development Process, Development Tools, Code Development, Software Testing, Software Maintenance
Dalam Proses pembuatan Multimedia atau Multimedia Production banyak melibatkan hal yang sama seperti pada proses pembuatan film diantaranya:
    • Story board capturing
    • Storyboard Making 
    • Graphics Production
Manfaat Multimedia 
Multimedia dapat digunakan dalam:
    • Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
    • Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
    • Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif
Pengaruh Multimedia 
Multimedia merupakan media interaktif yang sangat ampuh mempengaruhi manusia. Dalam hal ini multimedia mampu:
    • Mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting!
    • Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
    • Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
    • Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
    • Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan computer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
    • Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.
Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam data processing system, berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya system multimedia. Perangkat lunak ini digologkan menjadi tiga bagian, yaitu
    • bahasa pemrograman multimedia,
    • perangkat lunak system multimedia
    • dan perangkat lunak aplikasi multimedia.
bahasa pemrograman multimedia
Script adalah Kode bahasa pemrograman yang diketik oleh programmer. Lingo adalah bahasa pemrograman Director yang berguna untuk menciptakaninteraksi antara pemakai dengan movie yang istilah populernya disebut movieinteraktif. Lingo dapat berfungsi untuk mengatur atribut dan segala action yangdapat dilakukan oleh setiap komponen. Dengan Lingo Kita dapat mengontrolmovie agar memberikan respon dari suatu kondisi dan kejadian tertentu.Sebagai contoh, Lingo dapat membuat tombol navigasi untuk berpindah antar halaman presentasi atau movie dengan mudah, menggerakkan objek,mengontrol volumesuara, dan masih banyak lagi
 Ada empat jenis script Lingo. Keempat jenis Lingo tersebut adalah Behavior Script ,Movie Script, Parent Script, dan Cast Member Script.
·         Behaviour script adalah script yang ditulis untuk mengontrol properties dangerakan sprite. Tipe script ini memudahkan pemrograman yang berorientasi padaobjek atau lebih dikenaL dengan istilah OOP (Object Oriented Programming).
·         Movie script adalah script yang tidak ditulis untuk sprite melainkan untuk mengontrol movie. Tipe script ini dapat digunakan untuk mengontrol berbagai aspek 
·         pads movie, khususnya ketika mulai dan akhir dari sebuah movie. Tipe script ini jugadapat disesuaikan dengan script lain untuk penggunaan handle pada instance.
·         Parent script adalah script yang digunakan untuk membuat atau melahirkan sebuahobjek ke dalam Global Uariabel dengan perintah “new". Objek-objek ini nantinyadapat mengontrol sprite dan media control lainnya tanpa dihubungkan langsungdengan sprite menggunakan script atau bahkan dapat digunakan untuk mengontroldata atau objek yang tidak terlihat. Untuk Behavior, Movie, dan Parent script, castmember script akan berdiri sendiri.
·         Cast member script adalah script yang ditulis secara langsung pada cast member didalam Cast window tanpa membuat cast member baru seperti tipe script lainnya.Ketika cast member ditempatkan pada stage dan berubah menjadi sprite, scat itu pulascript yang ada pada cast member diaktifkan. Cast member yang diberi script akanmenampilkan ikon script di pojok kiri bawah thumbnail cast member
Perangkat Lunak Sistem (System Software) 
    • Perangkat ini terdiri dari system operasi (operating system) misalnya DOS (Disc Operating System), Windows 95/98/ME, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux dan Mac OS. Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) seperti aplikasi anti virus.
Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia 
a. Perangkat Pengolah Teks
b. Perangkat Lunak pengolah Animasi dan Grafik 2D
    Aplikasi Pengolah grafik 2D dibagi menjadi :
 - Grafik 2D Vektor misalnya corel draw, macromedia freehand, adobe, illustrator, open draw dll
 - Grafik 2D Raster, misalnya : Adobe Photoshop, Jast Paint shop pro, Gimp dll.
 - Animasi, misalnya : Macromedia Flash, Adobe Image Ready dll.
c. Perangkat Lunak pengolah Animasi dan Modelling Grafik 3D
    Contoh aplikasi animasi dan modeling 3D, misalnya : 3D studio maks,   blender, maya,     Softimage, Lighware dll.
d. Perangkat Lunak Authoring Multimedia
e. Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web
 
SISTEM MULTIMEDIA 
Sebuah sistem multimedia adalah suatu sistem yang mendukung lebih dari satu media. Suatu sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia jika terdapat:
    1. Kombinasi Media
    2. Independence            
    3. Computer-supported Integration 
Beberapa alat yg digunakan dalam multimedia
      • Keyboard
      • PC units
      • Notebook
      • CD
      • Mikropon
      • Speaker
      • Monitor
      • Scanner
      • Printer
      • Kamera digital
      • Video cassete recorder
      • Tape recorder
      • Mouse dsb
Pembagian sistem multimedia 
1. Sistem Multimedia Stand Alone
 Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.
2. Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
 Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar.
Berbagai Aplikasi dalam multimedia 
Aplikasi multimedia dalam Bisnis meliputi:
      • Presentasi , company profile
      • Pemasaran (Telemarketing)
      • Periklanan
      • Demo produk
      • Katalog dll
            Aplikasi Multimedia dalam Pendidikan meliputi
    • Tutorial
    • Simulasi dan pelatihan
    • E-Learning dll
Aplikasi Multimedia dalam Hiburan meliputi
    • Games; virtual game, virtual driving
    • Film : animasi
    • Olah raga dan hobi
    • Video-on-demand (VOD) : Pengguna bebas mengakses data multimedia yang tersedia pada media server (dokumen berita, entertaintment, film, musik, dll)
Aplikasi kepentingan publik atau institusi
    • Militer
    • Pariwisata
    • Kesehatan seperti animasi penunjuk kesehatan dll
Contoh aplikasi multimedia dalam kesehatan : aplikasi multimedia buatan microsoft
Contoh aplikasi dalam pembelajaran : aplikasi  multimedia dalam pembelajaran bahasa
Contoh aplikasi multimedia dalam jaringan : www.youtube.com
Masa depan multimedia 
Untuk kedepannya implementasi teknologi multimedia tergantung pada teknologi seperti :
    • Sistem perancangan grafis komputer
    • Sistem operasi dan teknik implementasi
    • Sistem Jaringan (network)
    • Content Management Sytem
    • HCI (Human Computer Interaction)
Konversi multimedia ke depaan
Berikut ini beberapa teknologi multimedia yang terus berkembang pesat:
    • Video
    • Digital video
    • Digitalization
    • ASF (Advanced System Format)
    • MPEG (Motion Picture Expert Group)
    • DivX
Contoh pengembangan kedepan   dalam multimedia 

A. Virtual reality
teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi sehinggga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik. Sistem seperti ini dapat digunakan untuk perancang obat, arsitek, dan bahkan orang awam untuk melakukan aktifitas-aktivitas yang meniru dunia nyata. Sebagai contoh, pilot dapat meggunakan sistem virtual reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya.  Untuk mewujudkan suasana yang menyerupai dunia nyata, virtual reality menggunakan peralatan-peralatan yang dinamakan glove, headset, dan Walter.
Cara kerja virtual reality system pada prinsipnya adalah seperti berikut.
    1. Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis.
    2. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realities.
    3. Melalui headset, glove, dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh system dan system memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun psikologis. 
B. Video conference 
Video conferencing adalah alat komunikasi jarak jauh yang menampilkan suara dan gambar secara langsung artinya dengan waktu yang bersamaan melalui jaringan komputer. Sekarang ini video conference juga dapat diakses melalui handphone 3G. Semua peserta Video Conference harus mempunyai 3G ponsel dan dalam wilayah layanan 3G untuk dapat berpartisipasi dalam Video Conference. Tiap peserta yang ikut serta dalam video conference tersebut bertanggung jawab atas biaya video call mereka masing-masing.Oleh sebab itu aplkasi video call termasuk aplikasi yang cukup mahal dalam soal biaya koneksi.
KARIR  DALAM MULTIMEDIA 
    • Bidang teknologi multimedia merupakan profesi baru yang sedang dibutuhkan pada saat sekarang dan yang akan datang. Imajinasi yang kuat diperlukan di bidang ini untuk dapat membayangkan, melihat potensi, menciptakan apa yang tidak terbayangkan oleh kebanyakan orang saat ini.
    • Berikut ini adalah profesi yang membutuhkan teknologi multimedia : Pemasaran, animasi, desain grafis, electronic publishing, editor, desain game, public relations, spesial efek, produksi video, dan web master.
GRAFIKA KOMPUTER 
    • Fungsi Komputer è mempercepat perhitungan
    • Jumlah data yang besar
    • Penyajian data yang efisien dan efektif
    • Penyajian secara grafis è munculnya computer graphics
    • Computer Graphics è meningkatkan komunikasi manusia dengan mesin
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER 
    • Data è Grafik, operator tidak dapat berinteraksi dengan komputer (statis)
    • Diinginkan Interactive Computer Graphic è operator bisa mengendalikan : isi, format, bentuk, ukuran, warna.
    • Sistem interaktif è mensimulasikan real world pada layar komputer
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER 
Berdasarkan cara pandang pada layar :
    • Motion dynamic è objek bergerak, kita sbg pengamat (diam) atau sebaliknya
 ex : flight simulator
    • Update dynamic è perubahan sifat pada objek (bentuk,warna).
             ex : simulasi tabrakan mobil
Aplikasi Grafika Komputer
Aplikasi grafika komputer adalah program komputer yang dirancang khusus untuk menghasilkan grafis atau representasi visual dari data kedalam bentuk gambar, slide dan sebagainya. Adapun macam-macam aplikasi grafika komputer yaitu:
1. Computer-Aided Design (CAD)
CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain, khususnya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam mendesain bangunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya. Contoh aplikasinya: AutoCAD.
 2. Computer-Aided Sofware Engineering (CASE)
CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.
3. Virtual Reality
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan. Contoh: aplikasi VR parachute trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat memberikan keuntungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.
4. Visualisasi Data
Visualisasi Data adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif dalam mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun nyata sejak permulaan manusia. Contoh: visualisasi dari struktur protein, strutur suatu website, visualisasi hasil data mining(bermakna).
5. Pendidikan dan Pelatihan
Model-model yang dihasilkan melalui komputer yang tentunya menggunakan grafis biasa digunakan sebagai alat bantu pendidikan. Model-model seperti proses-proses fisika dan kimia, fungsi-fungsi psikologi, simulasi, dan sebagainya dapat membantu sesorang memahami bagaimana operasi atau proses yang terjadi dalam suatu sistem. Contoh: simulasi rangkaian elektronik untuk pembelajaran, salah satu aplikasinya Electroni workbench.
6. Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
7. Hiburan
Komputer grafis juga digunakan secara luas pada bidang entertainment khususnya pertelevisian, motion pictures, animasi, video clips, dan sebagainya. Film-film animasi yang beredar di pasaran seperti Shrek, Monster Inc., anime-anime Jepang, menggunakan komputer grafis.
8. Video Game
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile devices.
9. Pengolahan Citra
Pengolahan citra berkaitan dengan teknik-teknik untuk modifikasi dna intepretasi citra, meningkatkan kualitas citra, analisis citra, dan mengenali pola-pola visual yang ada dalam suatu citra.
10. Computer Vision
Compute Vision adalah ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin-mesin yang dapat melihat. Sebagai disiplin ilmu, computer vision berkaitan dengan teori untuk membangun sistem buatan yang dapat menarik informasi dari citra-citra. Informasi tersebut kemudian dapat digunakan sebagai input dalam mengambil keputusan atau tindakan. Data citra yang diambil dapat berupa video, citra dari berbagai kamera, dan sebagainya.
11. Graphical User Interface
Graphical User Inteface adalah antarmuka grafis yang mempermudah interaksi manusia dengan komputer dan alat-alat yang dikendalikan oleh komputer. GUI sudah sering kita lihat berupa window-window yang digunakan pada sistem operasi Windows, Mac, maupun Linux
KLASIFIKASI PENERAPAN GRAFIKA KOMPUTER 
    • Berdasarkan tipe dari objek dan gambar yang dihasilkan
    • Berdasarkan interaksi dan derajat pengendalian objek/gambar dalam layar
    • Berdasarkan role of the picture
    • Berdasarkan hubungan antara objek dan gambar yang tertampil.
Image Processing vs Computer Graphics
Image Processing
Computer Graphics
Berorientasi pixel
Berorientasi Vektor
Mengolah data citra untuk mendapatkan interpretas 2D/3D
Menggunakan model 2D/3D è hasil realistik
Titik berat pada memanipulasi citra sesuai dengan keperluan user
Cenderung mempelajari konsep dan implementasi
metodeuntuk pembangkitan citra/animasi (2D/3D)
Berawal dari citra digital è deskripsi objek pada citra
Mendeskripsikan objek dengan primitif dasar grafis
untuk membentuk citra 2D/3D
 Computer Graphics
MONITOR 
Komponen Utama Monitor :
    • Display
    • Frame Buffer è berbentuk matrix
    • Display Controller/Display processor
MONITOR (cont.) 
Dari cara menampilkan gambar :
    • Vector Display/Calligraphic Display/  Stroke Display (60-an)
    • Raster Display. (70-an)
MONITOR (cont.) 
Jenis Monitor :
Layar Tabung  (CRT = Cathode-Ray Tube)
Layar Tanpa Tabung (LED, LCD, Plasma Display)
PRINTER vs PLOTTER 
Printer è Raster Technology
Plotter è Vector Technology
Perangkat Lunak Grafis 
    • Corel Draw
    • Auto CAD
    • 3D Studio MAX
    • Visio

Manfaat BelajarGrafika Komputer

Ada beberapa manfaat atau keuntungannya dari kita belajar Grafika Komputer antara lain:

1. Entertainment, misalnya dalam pembuatan film animasi. Terminator II dan Titanic merupakan contoh film non animasi yang memanfaatkan efek-efek grafika komputer yang sangat canggih.

2. Visualisasi Proses, misalnya menggambarkan layout kinerja proses pabrik, atau proses-proses yang dalam modul ajar.

3. Visualisasi Hasil Penelitian, seperti menggambar grafik performance, grafik perubahan bahkan grafik model hasil simulasi dan implementasi program.

4. Bersama-sama dengan image processing digunakan sebagai algoritma identifikasi, seperti yang dilakukan pada kepolisian untuk menggambarkan wajah seseorang secara 3D dan identifikasi seseorang.

5. GIS (Geographic Information System)
MASALAH Multimedia dalam Pembelajaran Kelengkapan Sarana dan prasarana yang mendukung pemakaian multimedia dalam pembelajaran Mindset penguna/guru sebagai sumber belajar merasa pemberi ilmu, jadi sudah cukup tidak belajar lagi Motivasi guru tentang penggunaan multimedia dalam PBM yang memanfaatkan kondisi sekitar dan kemampuan institusi Diknas kota kurang dalam melaksanakan pelatihan penggunaan multimedia dalam PBM dan yang paling penting kontrol atau memantau perkembangan guna peningkatan Kurangnya kegiatan sharing antar guru pengguna multimedia dalam PBM. BELAJAR
 KESIMPULAN Selengkap dan secanggih apa pun prasarana dan sarana dalam PBM, tanpa didukung oleh mutu dan motivasi guru yang baik, prasarana dan sarana tersebut tidak memiliki arti yang signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan.
SARAN Bagi Sekolah : mampu menerapkan multimedia dalam pembejaran Bagi guru : menguasai dan menerapkan multimedia dalam pembelajaran Bagi Kapala Sekolah : memberikan dukungan sarana dan prasarana multimedia Bagi Pemerintah : selalu melakukan pendidikan dan pelatihan penggunaan multimedia dalam pembelajaran
Share this games :

0 komentar:

Posting Komentar